Review : NQ Mobile Security

NQ mobile security

Starting Point

Aplikasi ini adalah aplikasi yang kaya fitur, sehingga dibutuhkan cukup lama bagi pengguna untuk dapat memperoleh penggunaan yang optimal daripada hanya sekedar mencoba-coba saja. Pertama kali mencoba, saya menggunakan versi 6.2, setelah beberapa menit saya update untuk menjadi versi 6.6, dan saya katakan bahwa aplikasi ini tidak konsisten dalam menyusun fitur-fiturnya. Sebagai contoh, susunan menu baru (Anti-Spam) menggeser menu Internet Protection serta Network Manager. Saat penggunaan pertama aplikasi, user akan ditawarkan mengenai proses pemeriksaan status keamanan handphone melalui menu Checkup. Umumnya hasil checkup menampilkan bahwa handphone kita dinyatakan tidak aman (tipikal aplikasi anti virus, selalu mengatakan bahwa perangkat kita tidak aman saat pertama penggunaan). Penilaian yang membuat handphone kita tidak aman adalah, belum update database antivirus, tidak aktifnya fitur Real Protection, System Performance yang menyebut sisa RAM yang mulai menipis, Privacy Protection yang dianggap belum baik karena belum menginstall aplikasi NQ Vault, belum melakukan backup contact ke server NQ serta belum aktifnya Anti-Theft.

NQ mobile security2

Aplikasi ini dibagi menjadi tiga windows utama, yang dalam navigasinya saya anggap nyaman sekali. Icon yang besar dan pemasangan fitur yang tidak bertele-tele, membuat aplikasi ini mudah digunakan walaupun bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya. Jendela NQ Security menampilkan pilihan fitur utama seperti Anti-Virus, Privacy Protection, Anti-theft, Anti-spam, Optimization serta Backup Contacts. Pada jendela Tools, kita menemukan semacam pengaturan untuk aplikasi ini, hanya saja sudah di-group sesuai dengan fitur utamanya. Saya mencoba memilih untuk mengaktifkan fitur premium, dan muncul pesan bahwa dalam 30 hari kita harus membayar Rp. 5000,- untuk mendapati fitur premium ini. Ketika menekan YES, masuk sebuah pesan baru dari 3767 bahwa pulsa saya tidak mencukupi, mudah sekali, tidak perlu menggunakan kartu kredit atau PayPal. Karena pulsa saya tidak mencapai Rp. 5000,- maka saya tidak dapat menikmati layanan premiumnya, tetapi begitu heran ketika membuka aplikasi itu kembali saya mendapati semua fitur premium dibuka dan saya mendapati layanan ini berlaku sampai 10 Januari 2013, tepat 30 hari disaat saya mencoba mendaftar layanan premium. Lebih dalam menilik setiap fitur utama pada aplikasi NQ Security, berikut ini.

Anti-virus

User dapat melakukan perbaruan data virus melalui server pusat NQ. Object utama dalam pemindaian virus adalah aplikasi dan file-file aplikasi (*.apk). Untuk menentukan folder mana yang akan di-scan dapat memilih Custom Scan. Untuk memberi peringatan kepada Anda mengenai aplikasi yang baru saja diinstall, Anda dapat menggunakan fitur Real-Time Protection. Melalui menu Virus Broadcast, kita dapat melihat daftar jenis virus apa saja yang pernah ditemukan di Android.

 

Privacy Advisor

Apabila kita sudah menginstall aplikasi NQ Vault, maka advisor akan mengutamakan fitur yang lain, seperti penggunaan Anti-eavesdropping dam Privacy Report. Secara kaku, anti-eavesdropping berarti anti-dikuping / sadap, jadi aplikasi ini akan secara realtime mendeteksi dan memberi peringatan kepada user ketika ada aplikasi yang merekam panggilan telepon. Apabila ingin melihat aplikasi apa saja yang dapat mengakses data pribadi kita, silahkan menuju ke menu Privacy Report, di sini kita melihat group aplikasi yang dapat mendapatkan akses ke data kontak, pesan ataupun catatan panggilan.

NQ mobile security3

Anti-theft

Fitur yang paling menarik dalam aplikasi ini, apabila Anda adalah pengguna premium, dapat merasakan bagaimana fitur-fitur Anti-theft bekerja. Walaupun Anda belum terdaftar sebagai member premium, tidak perlu berkecil hati. Anda masih diperbolehkan untuk mendapatkan layanan lokasi handphone, backup contacts serta monitor SIM Card Anda apabila diganti dengan SIM card yang lain. Sebelum mencoba fitur ini, akan lebih baik Anda mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun NQ.

Anti-theft dapat digunakan ketika handphone Anda hilang atau diambil orang lain. Untuk men-trigger fitur ini, user dapat melakukan dengan dua cara, yaitu melalui SMS (daftarkan nomor referensi Anda terlebih dahulu melalui menu pengaturan Anti-theft, tidak dapat melakukan SMS dari nomor selain nomor referensi) atau melalui alamat web http://i.netqin.com/anti_lost/. Kelemahan apabila kita mentriger dari internet adalah ketika paket data handphone kita tidak dalam keadaan aktif atau di luar jangkauan sinyal internet operator, sehingga kita dapat menggunakan SMS untuk mentrigger Anti-theft.

Sound an Alarm. Saat saya mencobanya pertama kali, aplikasi ini membuat saya begitu panik. Suara yang dihasilkan keras sekali, apabila kita berusaha menurunkan level volume, akan secara otomatis aplikasi men-set kembali ke volume maksimal. Diwajibkan untuk memasukkan password untuk menon-aktifkan alaram. Ditemukan satu kelemahan, ketika alarm berbunyi dan kita hubungkan earphone dengan HP, maka bunyi hanya terdengar di earphone bukan loudspeaker handphone.

Intruder Alert. Kirimkan pesan *lock* dari nomor referensi atau gunakan fitur Remote Lock dari http://i.netqin.com/anti_lost/ untuk trigger tampilan unlock handphone. Setiap pihak yang berusaha memasukkan password ke dalam handphone kita namun salah/ gagal, wajah dari pelaku tersebut akan ditangkap oleh kamera depan handphone dan wajah ini akan dikirimkan ke alamat email yang akun Anda. Sayangnya, saat menguji menggunakan LG Optimus Black, gambar yang dikirimkan di email berukuran 0 byte dan tidak dapat dibuka.

NQ mobile security4

Locate your phone. Walaupun Anda belum terdaftar sebagai anggota premium, fasilitas ini masih dapat Anda gunakan. Saya mencoba dengan mengirimkan sms dengan teks *locate*, hanya butuh beberapa menit untuk mendapatkan lokasi saya, dengan teks balasan berupa alamat URL yang memuat link peta posisi handphone berada. Hasil penunjukan peta tidak selalu mendekati posisi sebenarnya.

Backup contacts. Anda lupa melakukan backup contact ketika Anda dalam posisi kehilangan handphone Anda. Kirimkan perintah supaya handphone Anda otomatis melakukan backup contact ke server. Fitur ini belum berani saya lakukan, karena pihak dari NQ dapat mengetahui isi kontak saya, walaupun mungkin tanpa fitur ini, NQ sudah dapat mengakses data kontak saya. Masihkah ingat, bahwa data kontak kita sebenarnya sudah di-sync dengan Google Account kita – hanya apabila Anda mengaktifkan fasilitas Google Sync di handphone Anda.

Delete your data. Anda tidak ingin data privasi Anda diketahui orang lain, hapus secara total dan otomatis melalui fitur ini. Data kontak, pesan, catatan panggilan dan file adalah konsentrasi penghapusan. Tepat saat kehilangan handphone Anda, pihak yang mendapatinya akan melihat handphone Anda seperti baru, tanpa data dan berkas.

Monitor SIM Card. Mencoba aplikasi ini luar biasa. Otomatis sebuah sms akan dikirimkan ke nomor referensi Anda ketika ada pihak yang mengganti SIM Card Anda dengan nomor lain. Permasalahan akan terjadi ketika nomor pengganti itu tidak memiliki pulsa untuk mengirimkan SMS.

Other features

Anti-spam semacam call-blocker pada umumnya dimana terdapat black-list dan white-list, sehingga panggilan dari nomor block-list tidak akan pernah Anda terima, catatan tambahan fitur ini tidak bekerja di HP LG Optimus Black karena framework LG sudah berubah. Fitur Optimization akan melakukan optimisasi pada handphone Anda, dengan memperhentikan aplikasi yang sedang bekerja di belakang layar (background app-service). Sebelumnya Anda dapat melihat daftar aplikasi apa saja yang bekerja, sehingga dapat menghindarai aplikasi yang sedang digunakan menjadi korban optimisasi. Melakukan Backup contacts dengan aplikasi ini dapat membantu Anda memiliki cadangan data kontak di tempat lain, sewaktu-waktu dapat Anda ambil kembali ketika Anda berganti handphone. Pertanyaannya adalah ketika saya melakukan backup data kontak dengan menggunakan handphone Android dan kemudian hari saya melakukan restore data menggunakan iPhone apakah bisa dilakukan?

Tools

Internet Protection memberikan keamanan kepada aplikasi yang menggunakan identitas akun kita seperti Google Apps dan Youtube. Hanya saja bagaimana langkah yang dilakukan oleh NQ Mobile Security dalam memberikan keamanan? Apakah berarti akun kita tidak dapat disadap di tengah jalaur komunikasi data? Hampir semua aplikasi mobile phone menggunakan metode enkripsi saat melakukan pengiriman data ke server. Salah satu fitur kemanan yang masih membuat bingung adalah Financial Protection beserta daftar situs yang dianggap aman oleh NQ Mobile. Dalam melakukan transaksi melalui internet, kita memang kadang dibuat ragu apakah pengiriman uang ini aman untuk dilakukan apa tidak? Sebut saja BCA, dalam melakukan transaksi online harus menyertakan nomor hasil algoritma dari Key BCA dan tentunya ini cukup aman dalam menghindari pihak lain untuk menduplikasi informasi transaksi.

Tidak ingin data paket Anda melewati batas dan menguras pulsa regular, gunakanlah Network Manager. Setiap komunikasi data akan dicatat jumlahnya, sehingga saat sudah mencapai angka limit yang telah ditentukan, maka akan muncul peringatan. Selain itu, kita dapat mengetahui catatan transaksi data dalam presentasi grafik yang menarik. Secara fungsional tidak ada perbedaan antara App Manager dengan Manage Application-nya bawaan Android, hanya informasi detail serta komentar dari setiap aplikasi akan tertampil, termasuk dengan star rating-nya. Saya pikir informasi ini diambil dari PlayStore, tapi ternyata bukan, karena yang tertampil di NQ Mobile Security dan PlayStore berbeda baik dari deskripsi aplikasi maupun komentar. Pada nyatanya, NQ Mobile Security memberikan informasi sendiri atas setiap aplikasinya dan komentar diberikan oleh para pengguna NQ Mobile. Informasi deskripsi aplikasi tidak selalu benar, aplikasi majalah Intisari bertuliskan sebagai aplikasi yang melakukan sharing koneksi internet antara handphone dengan PC J. Anda merasa kesulitan mendapatkan master file aplikasi (*.apk) di dalam file explorer, coba gunakan Instalation File Manager, fitur ini akan memindai seluruh file di dalam handphone dan akan menyortir file dengan extensi .apk, dan pilih salah satu aplikasi dai daftar untuk instalasi lebih lanjut. ROM App Manager menampilkan daftar aplikasi yang terpasang di partisi system, atau biasa disebut aplikasi bawaan Handphone yang tidak dapat kita uninstall (seharusnya). Anda harus memiliki akses sebagai user ROOT untuk menggunakan fitur uninstall aplikasi ROM pada sesi ini.

Kesimpulan:

Fitur Anti-theft berjalan dengan luar biasa. Pembayaran berlangganan member premium pun murah hanya Rp. 5000,-/30 hari dan itu dibayarkan menggunakan pulsa bukan kartu kredit, mudah. Banyak fitur manis yang terdapat dalam aplikasi ini. Cukup disayangkan foto hasil tangkapan remote-lock serta call-blocker tidak berhasil digunakan pada LG P970. Memory RAM yang dikonsumsi selama aplikasi berjalan mencapai 27MB, ringan untuk smartphone masa kini. Hanya saja bagaimana aplikasi ini seharusnya bisa menyembunyikan dirinya, itulah yang harus dikembangkan. Sehebat-hebatnya aplikasi semacam ini akan hilang begitu saja apabila ROM HP dimodif, tapi tanpa melihat keadaan itu, aplikasi ini memang membantu sekali, layak digunakan.

NQ mobile security5NQ mobile security6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s